‘Negara Absen’ cuma Ilusi

1. kenapa sih tiap tulisan yg mengkritisi negara selalu nyebut ‘negara absen’? lah wong pelakunya negara.
2. ada emang negara yg baek? negara ya bagian dr konflik itu. negara yg membuat konflik di bawah biar mereka tetap eksis.
3. jadi kalo bilang ‘negara kalah’ ‘negara absen’ ‘negara harus tegas’, pilihannya cuma stateless atau diktatorial.
4. ga ada posisi negara yg di tengah2. pengen negara kuat? kudu siap hidup di rezim diktator. jangan ngeluh kalo penindasan oleh negara dimana2
5. penindasan negara atas nama ketertiban sosial. orba noh contohnya, mau negara tegas sama preman? meh! mau petrus ada lagi?
6. atas nama kepentingan publik, penggusuran petani utk membangun pertambangan dan infrastruktur penyokong industri. negara itu kuat.
7. negara bisa kuat krn bersinergi dgn modal. jadi negara absen itu cuma pura-2. terlihat absen, padahal mrk yg berada di belakang konflik.
8. plis deh, ga usah naif. berharap konflik ‘horisontal’ diselesaikan negara bak punuk merindukan bulan #peribahasalawas
9. gw pernah denger cerita, emang kudu di verifikasi lagi sih. konon dulu waktu GPK meraja di jogya, pemeritah ga ngapa2in.
10. padahal, konon, mereka sudah meresahkan masyarakat dgn aksi2 gengsternya. tapi tetep didiemin. sampe akhirnya, masy sendiri yg bertindak
11. ini yg bikin gw amaze, warga yg jengah dgn aksi gengster mereka, melawan dgn menyabotase jalan yg mrk lintasi. saat terjebak,warga menyeruak
12. ngapain? ya ngehajar geng yg meresahkan mrk itu. ada peran negara? ga ada, itu inisiatif masyarakat. akhirnya aksi2 itu berhenti sendirinya.
13. jadi cobalah berhenti bilang ‘negara absen’, ‘polisi harus tegas’, ‘negara harus kuat’, nanti jd negara diktator lg baru pada nyaho :p
14. kasus sampang kenapa dibiarin? ya biar masy pada mohon2 negara bertindak, dgn begitu eksistensi mrk diakui. trus negara datang bak pahlawan
15. gw pikir lu udah pada tau lah, udah pada pinter, kelas menengah terdidik semua. cuma sayangnya pada naif aja.
16. kenapa FPI dibiarin, kenapa john kei, herkules dibiarin, kenapa? ya biar masy merasa butuh negara dan polisi utk jaga ketertiban
17. tp emang sih, hegemoni negara kuat banget. sampe2 orang2 pinter pun mengamini eksistensinya.
18. minta polisi tegas? liat video TGF mesuji, yg mayat ‘dikasih’ megang sajam biar seolah dia nyerang aparat? itu contoh kecil.
19. contoh kecil rekayasa polisi/negara utk bisa mengamankan eksistensi mrk. belum yg lebih gede, yg ga diekspose.
20. jadi lucu aja sih ngarep polisi bersikap tegas saat konflik horisontal yg sebenernya sengaja dibiarkan. lucu, sumpah :))

 

Twit oleh @subanonim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s